Mengenal Apa Itu UPS dan Cara Kerja UPS

Untuk backup power listrik komputer atau perangkat elektronik lainnya biasa menggunakan UPS. Apa itu ups komputer? UPS singkatan dari Uninterruptible Power Supply.

ALat ini berfungsi sebagai pengganti power listrik dari PLN jika sedang mati lampu. Ketika listrik padam secara otomatis ups menggantikan power listrik dari PLN dengan listrik yang dihasilkan dari baterai.

UPS menghasilkan tegangan listrik 220 Volt AC sama seperti listrik PLN dengan cara merubah tegangan DC dari baterai menjadi teganga AC.

Selaian berfungsi sebagai inverter, UPS juga bisa berfungsi sebagai stabilizer. Jika terjadi tegangan drop dari PLN bisa distabilkan oleh UPS.

Fungsi UPS sebagai pengganti daya listrik dari PLN durasinya terbatas. Beberapa hal dibawah ini mempengaruhi durasi UPS dalam membackup power listrik

  • Kapasitas baterai yang terpasang di ups
  • Banyaknya output yang dipergunakan

UPS dalam membackup power listrik tidak sama seperti genset. UPS hanya backup sementara untuk membackup power listrik saat jeda genset belum hidup. Sehingga operator atau user ada waktu untuk melakukan shutdown perangkat dengan sempurna.

Komputer atau device lainnya bisa dimatikan sesuai prosedur saat mati lampu jika tidak memiliki backup genset. Crash akibat komputer atau perangkat mati mendadak karena listrik padam, dengan UPS bisa dihindari.

Jenis-jenis UPS Komputer

UPS yang beredar dipasaran jenisnya beragam. Secara garis besar UPS terbagi menjadi 2 yaitu UPS biasa dan Smart UPS.

Perbedaan utama pada 2 jenis ups tadi terletak pada fitur yang dimiliki. Harga ups semakin banyak fitur yang dimiliki semakin mahal harganya.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh Smart UPS

  • Memiliki display panel
  • Status UPS ditampilkan di display
  • Config bisa dilakukan lewat panel atau komputer
  • Ada display indikator baterai
  • Ada display indikator over load
  • Ada port i/o untuk shutdown perangkat yang dibackup jika baterai mau habis

Fitur-fitur yang terdapat pada smart UPS bisa berbeda-beda tergantung teknologi yang dipergunakan oleh pabrikan.

Bagian-bagian Utama dari UPS Komputer

Didalam ups terdapat blok-blok atau modul rangkain elektronik yang memiliki fungsi masing-masing. Setiap modul saling berkaitan, kalau ada yang rusak maka ups tidak akan berfungsi.

Berikut ini bagian-bagian dari UPS:

apa itu ups,bagian-bagian dari ups
Bagian Dalam UPS
  • Baterai. Jenis baterai yang digunakan UPS umumnya berjenis lead-acid atau jenis nikel-cadmium. Semakin banyak modul baterai yang terpasang, durasi ups bisa lebih lama. Tapi untuk kemanan perangkat ups, pabrikan biasanya membatasi waktu backup ups.
  • Rectifier (penyearah). Penyearah berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi arus DC dari suplai listrik utama. Ketika listrik PLN normal, modul ini berfungsi sebagai charger baterai. Dilengkapi dengan fungsi cutoff, jika baterai sudah full akan stop secara otomatis.
  • Inverter. Kebalikan dari penyearah, inverter berfungsi untuk mengubah arus DC dari baterai menjadi arus AC. Modul ini berfungsi saat listrik PLN padam, inverter merubah tegangan DC dari baterai menjadi AC sebagai pengganti listrik PLN yang sedang padam
Dhira

Hi,

Posting Komentar

To Top