Mengenal ENIAC Komputer Pertama di Dunia

 

Penampakan komputer pertama di dunia
ENIAC (Wikipedia)

Perkembangan teknologi di awal-awal komputer lahir yaitu sekitar tahun 1900 sama seperti sekarang, cukup pesat. Militer Amerika Serikat pun riset ENIAC komputer pertama yang memiliki kecepatan komputasi.

Militer Amerika Serikat (AS) kemudian menginvestasikan setengah juta dolar AS untuk menciptakan dan riset mesin komputasi yang canggih waktu itu.

Dilansir dari ThoughtCo, Selasa (19/4), pada 31 Mei 1943, ppihak militer untuk project ini bermitra dengan John Mauchly dan John Presper Eckert. Mauchly, keduanya pernah dinas dimiliter, Jhon diberi mandat sebagai kepala konsultan dan Eckert sebagai chief engineer.

Tim ini mendesain sistem kurang lebih 1 tahun untuk electrical numerical integrator and calculator (ENIAC). Namun, ENIAC masih membutuhkan tambahan waktu 18 bulan dan membutuhkan dana tambahan setengah juta dolar AS

Perkembangan Komputer Pertama Setelah Perang

Saat perang berakhir. Militer menggunakan ENIAC untuk melakukan perhitungan untuk desain bom hidrogen, prediksi cuaca, studi sinar kosmik, pengapian termal, studi bilangan acak, hingga mendesain terowongan angin.

Setahun kemudian, Mauchly dan Eckert terus mengembangkan fungsi ENIAC lebih jauh lagi. Militer AS juga mensponsori project ini karena memerlukan komputer untuk menghitung tabel penembakan artileri.

Untuk mengukur penembakan artileri yang tepat, memang diperlukan senjata yang berbeda. Terutama ketika berada dalam kondisi yang bervariasi demi akurasi target.

Sebagai cabang militer yang bertanggung jawab menghitung tabel, Ballistics Research Labora tory (BRL) menjadi tertarik, setelah mendengar tentang penelitian Mauchly di Moore School. Mauchly sebelumnya telah menciptakan beberapa mesin hitung dan pada 1942.

Ia kemudian mulai merancang mesin hitung yang lebih baik berdasarkan karya John Atanasoff, se orang penemu yang menggunakan tabung vakum untuk mempercepat perhitungan.

Hak paten untuk ENIAC pun diajukan pada 1947. Menurut penulis buku teknologi Rocco Leonard Martino, ENIAC adalah salah satu inovasi terbesar dalam sejarah. ENIAC merupakan komputer elektronik serbaguna pertama di dunia.

“Kehadirannya mencakup inovasi radikal dan revolusioner. ENIAC juga menjadi kakek dari komputer dan transformasi informasi dunia kita saat ini,” ujar Rocco, dikutip dari Foreign Policy Research Institute,

ENIAC juga menjadi mesin pertama yang pernah ditemukan dalam sejarah teknologi, yang lebih berfokus memperkuat pikiran daripada kekuatan fisik.

Dhira

Hi,

Posting Komentar

To Top